Tutorial Flash Jigsaw
Jigsaw
Pada tutorial yang lalu kita pernah membuat sebuah puzzle drag n drop atau dasar dari jigsaw puzzle. Tetapi jika anda menggunakan script pada tutorial tersebut, tentunya script yang anda tulis akan menjadi panjang jika kepingan yang anda buat banyak. Oleh karena itu, ditutorial ini kami membuat versi dengan script yang lebih pendek. Bila anda tertarik untuk membuat sebuah game semacam jigsaw silahkan gunakan tutorial berikut.
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah beberapa objek seperti gambar dibawah ini :
4. Seleksi gambar yang baru dimport tadi, kemudian tekan Ctrl+B untuk membuat gambar bitmap menjadi shape.
5. Jika sudah gambarlah garis pada gambar tadi. Buatlah garis yang membuat gambar tadi menjadi berkeping-keping.
6. Pada tutorial ini, kami membagi gambarnya menjadi 4 keping dengan garis sebagai berikut :
9. Seleksi kepingan kedua (garis tidak perlu diseleksi), kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul ketikkan Bagian2 pada kotak Name, pilih MovieClip sebagai Typenya, lalu tekan Ok.
10. Seleksi movie clip Bagian2 dan pada panel properties ketikkan Bagian2 pada kotak Instance Name.
11. Seleksi kepingan ketiga (garis tidak perlu diseleksi), kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul ketikkan Bagian3 pada kotak Name, pilih MovieClip sebagai Typenya, lalu tekan Ok.
12. Seleksi movie clip Bagian3 dan pada panel properties ketikkan Bagian3 pada kotak Instance Name.
13. Seleksi kepingan keempat (garis tidak perlu diseleksi), kemudian tekan F8. Pada panel yang muncul ketikkan Bagian4 pada kotak Name, pilih MovieClip sebagai Typenya, lalu tekan Ok.
14. Seleksi movie clip Bagian4 dan pada panel properties ketikkan Bagian4 pada kotak Instance Name.
15. Jika semua kepingan sudah menjadi movie clip, hapus garis-garis yang digunakan untuk membuat kepingan tadi.
16. Letakkan keempat kepingan tadi seperti gambar dibawah ini :
18. Seleksi keempat keping movie clip kemudian tekan Ctrl+C untuk mengcopynya.
19. Jika sudah tekan Ctrl+V untuk menduplikasinya. Letakkan kepingan hasil duplikasi sepeti gambar dibawah ini :
23. Sehingga nantinya Instance Name pada masing-masing keping duplikasi menjadi menjadi TargetBagian1, TargetBagian2, TargetBagian3, TargetBagian4
24. Sekarang acak kepingan pada keping asli seperti gambar dibawah ini :
26. Letakkan dynamic text tadi seperti gambar dibawah ini :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 | //jumlah kepingan puzzle //sesuaikan nilai variable jumlahBagian dengan jumlah kepingan yang anda buat jumlahBagian = 4; for (i=1; i<=jumlahBagian; i++) { _root["Bagian"+i].id = i; //bila kepingan puzzle ditekan _root["Bagian"+i].onPress = function() { //buat posisi kepingan berada di paling atas this.swapDepths(_root.getNextHighestDepth()); //kepingan dapat didrag startDrag(this); }; //bila kepingan tidak ditekan _root["Bagian"+i].onRelease = _root["Bagian"+i].onReleaseOutside=function () { //kepingan tidak dapat ditekan stopDrag(); target_mc = _root["TargetBagian"+this.id] //jika kepingan berada di sekitar target if (eval(this._droptarget) == target_mc) { //letakan kepingan di target this._x = target_mc._x; this._y = target_mc._y; //kepingan tidak bisa ditekan this.enabled = false; //kurangi variable jumlahBagian jumlahBagian-- //jika variable jumlahBagian bernilai 0 if (jumlahBagian == 0) { //tampilkan tulisan Puzzle Komplit pada dynamic text pesan pesan = "Puzzle Komplit"; } } }; } |
Letakanlah kepingan-kepingan puzzle pada tempatnya
0 komentar: